PROSEDURE
PENERIMAAN MAHASISWA BARU
DI
UNIVERSITAS MA CHUNG (WNI)
DI
UNIVERSITAS MA CHUNG (WNI)
1. PENCARIAN INFORMASI DAN PEMBELIAN
FORMULIR
Calon
mahasiswa baru bisa mendaftar melalui :
a. Telepon
Prosedur pendaftaran melalui telepon adalah sebagai
berikut :
1.
Penelepon dilayani sesuai dengan yang
ditanyakan, dan apabila penelepon ingin mendafatar.
2.
Admisi akan mengarahkan pendaftaran
melalui online (jika diluar kota)
3.
Apabila dari Malang dan berasal dari
sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan Tim Marketing Universitas Ma Chung,
maka Admisi bisa mengarahkan untuk membeli formulir di sekolah yang disediakan
formulir, atau juga bisa diarahkan untuk datang di Universitas (Villa Puncak
Tidar N-1)
b. Online
Prosedur pendaftaran melalui jalur online adalah
sebagai berikut :
2.
Calon mahasiswa yang sudah mendaftar,
kemudian mentransfer biaya pembelian formulir Rp. 200.000,- ke rekening
035-01-07007-00-7
3.
Kemudian bukti transfer dikirim melalui
fax ke 0341-550175
5.
Admisi menghubungi camaba melalui
telepon/e-mail untuk mengumpulkan berkas-berkas untuk kelengkapan seleksi
6.
Admisi mengarahkan camaba yang mendaftar
online untuk mengirimkan berkas-berkas kelengkapan melalui Fax atau E-mail
(dengan discan)
c. Sekolah
Prosedur pendaftaran melalui jalur sekolah adalah
sebagai berikut :
1.
Tim Marketing Universitas Ma Chung
menitipkan formulir pendaftaran di sekolah-sekolah yang sudah bekerjasama
dengan Universitas Ma Chung
2.
Calon mahasiswa membeli formulir
pendaftaran melalui perantara di sekolah masing-masing
3.
Calon mahasiswa mengisi formulir
pendaftaran
4.
Calon mahasiswa/Guru BK menyerahkan berkas
formulir yang telah dibeli di sekolah/Admission Partner ke Admisi Universitas
Ma Chung
d. Promosi
Prosedur pendaftaran melalui jalur acara promosi
adalah sebagai berikut :
1.
Direktoran Marketing dan Komunikasi
mengadakan acara promosi di luar Universitas
2.
Direktorat Marketing dan Komunikasi
menyediakan formulir pendaftaran apabila terdapat camaba yang ingin mendaftar
3.
Apabila ada camaba yang tertarik, maka
dapat membeli formulir secara langsung saat event dilaksanakan
4.
Formulir dapat dikumpulkan saat itu juga
atau keesokan harinya dengan datang langsung ke Univ. Ma Chung
e. Datang
langsung
Prosedur pendaftaran jika camaba langsung ke Admisi
adalah sebagai berikut :
1.
Calon mahasiswa datang ke Gedung
Rektorat Universitas Ma Chung dan bertemu dengan bagian admisi
2.
Calon mahasiswa membeli formulir
pendaftaran di bagian admisi yang dilengkapi dengan bukti kuitansi
3.
Calon mahasiswa mengisi data diri dalam
Form Pendaftaran sesuai dengan data calon mahasiswa
4.
Admisi menanyakan asal SMA/SMK, jurusan
di SMA/SMK, dan jurusan yang akan dipilih di Universitas Ma Chung
5.
Admisi akan menginformasikan tentang
berkas-berkas yang harus dipenuhi oleh camaba dan memberikan Tumbler
f. Mahasiswa
Transfer
Prosedur mahasiswa transfer jurusan adalah sebagai
berikut :
1.
Admisi menanyakan jurusan asal dan
jurusan yang dipilih di Universitas Ma Chung kepada calon mahasiswa yang akan
transfer
2.
Jika sudah sesuai maka calon mahasiswa
dapat membeli formulir langsung di Admisi Gedung Rektorat Universitas Ma Chung,
atau mengisis formulir transfer melalui jalur online
3.
Mahasiswa yang akan transfer
mengumpulkan fotocopy Transkrip terakhir dan Silabus dari Universitas
sebelumnya
4.
Kemudian Admisi mengkonsultasikan dengan
bagian Akademik untuk Akreditasi dari Universitas sebelumnya
5.
Transkrip dan Silabus diserahkan kepada
Kaprodi terkait
6.
Calon mahasiswa melakukan tes tertulis
potesnsi akademik
g. Mahasiswa
Lama yang Kembali Aktif
Prosedur mahasiswa lama yang kembali aktif adalah
sebagai berikut :
1.
Calon mahasiswa merupakan mahasiswa lama
yang sudah pernah kuliah di Universitas Ma Chung, tetapi nonaktif/cuti melebihi
batas waktu
2.
Untuk kembali aktif, calon mahasiswa
harus membeli formulir langsung di bagian Admisi Gedung Rektorat Universitas Ma
Chung
3.
Calon Mahasiswa membeli formulir
pendaftaran di bagian admisi yang dilengkapi dengan bukti kuitansi
4.
Calon mahasiswa mengisi data diri dalam
Form pendaftaran, sesuai dengan data calon mahasiswa
5.
Admisi akan menginformasikan tentang
berkas-berkas yang harus dipenuhi oleh camaba dan memberikan Tumbler
6.
Kemudian mahasiswa diarahkan ke bagian
Akademik untuk proses selanjutnya
Catatan
:
Setiap
ada pembelian formulir secara langsung di Admisi, maka uang formulir harus
se-segera mungkin didistribusikan pada Dir.PPPK maksimal 1 jam stelah pembelian
formulir.
2. PENGECEKAN dan PENGUMPULAN BERKAS
1. Calon
mahasiswa/mahasiswa transfer melengkapi semua persyaratan pendaftaran yang
diminta oleh Universitas Ma Chung.
Yang harus dilengkapi pada saat pendaftaran antara
lain :
a.
Formulir pendaftaran
b.
Kuitansi pembelian formulir pendaftaran
c.
Pas foto berwarna ukuran 4x6 (3 lembar)
d.
Fotocopy KTP/Paspor/Identitas Diri
e.
Fotocopy Akte Kelahiran
f.
Fotocopy rapor kelas X,XI,XII
(legalisir)
g.
Fotocopy legalisir ijazah dan SKHUN
(jika sudah lulus)
2. Admisi
mengecek kelengkapan berkas yang sudah dibawa oleh calon mahasiswa baru
3. PROSES SELEKSI
1. Calon
mahasiswa baru
a.
Setelah calon mahasiswa mengumpulkan
berkas-berkas diatas, maka Admisi akan menyeleksi rapor, sertifikat prestasi,
dan tes tulis (khusus untuk mahasiswa transfer dan camaba yang tidak lolos
seleksi rapot dan camaba yang belum puas dengan kategori yg diperoleh)
b.
Apabila hasil seleksi dinyatakan tidak
diterima, berikut prosedurya :
1.
Jika tidak diterima dari jalur rapor
karena kurang dari SKM (Standar Komulatif Minimal), calon mahasiswa harus
melakukan tes tertulis sesuai dengan jurusan yang dipilih di Universitas Ma
Chung
2.
Jika disetujui, maka calon mahasiswa
dapat melakukan kesepakatan SKR
c.
Apabila hasil seleksi dinyatakan
diterima, berikut prosedurnya :
1.
Admisi akan mengirim surat pengumuman
yang disahkan oleh WR II beserta rincian biaya, yang dikirimkan via pos melalui
Dir.PPK atau diberikan secara langsung pada calon mahasiswa jika datang
langsung
2.
Pada surat pengumuman, dijelaskan bahwa
batas waktu daftar ulang/kesepakatan ± 1 Minggu. JIka lebih dari 1 minggu, maka
bagian Admisi akan melakukan Follow Up melalui telepon untuk menanyakan
kelanjutan proses calon mahasiswa tersebut
3.
Admisi melakukan follow up pada sore
hari ± pukul 16.00 – 17.00 pada jam kerja melalui telepon
4.
Ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu
:
a.
Setuju
1.
Jika disetujui, maka camaba memberikan
kepastian melalui telepon/datang langsung
2.
Jika melalui telepon, maka bagian Admisi
akan mengirimkan Surat Kepastian Kesepakatan kepada calon mahasiswa melalui POS
3.
Tetapi jika camaba datang langsung, maka
Surat Perjanjian Kesepakatan diberikan langsung, sekaligus camaba diarahkan
untuk mengukur jas Alamamter dan kaso Ma Chung ke bagian Keuangan
4.
Jika proses Kesepakatan sudah selesai,
camaba bisa langsung membuka rekening di CIMB Niaga (jika sudah memiliki KTP)
5.
Tetapi jika belum sepakat, camaba bisa
membawa surat Pengumuman yang sudah disahkan oleh WR II
6.
Jika di kota camaba tersebut belum ada
CIMB Niaga, maka bagian Admisi dapat membantu untuk mengirimkan lembar Aplikasi
CIMB Niaga melalui POS ke alamat camaba (dengan syarat camaba mengembalikan ke
Universutas setelah diisi atau diserahkanlangsung ke bank CIMB Niaga cabang
manapun)
b.
Tidak Setuju
1.
Jika tidak disetujui, Admisi akan
mengarahkan untuk tes beasiswa jika camaba kurang puas dengan kategori yang
didapatkan, tetapi hasil tes tetap ditentukan dari nilai tes calon mahasiswa
2.
Jika belum setuju, kemungkinan besar
karena biaya maka camaba dan orang tua dapat diarahkan untuk bernegoisasi
dengan WR II/WR I/Rektor Universitas
3.
Jika negoisasi tidak ada kesepakatan yang
disepakati anatar calon mahasiswa dan pimpinan Universitas, maka camaba
dianggap mundur sebelum proses Kesepekatan (SKR)
4.
Untuk infomasi acara mahasiswa baru,
Admisi akan mengirimkan undangan melalui pos, e-mail, atau diberikan informasi
melalui telepon
5.
Dir. PPPK akan membagikan atribut untuk
mengukuti Ma Chung Festival kepada semua mahasiswa baru dan mahasiswa transfer
kecuali yang belum melakukan pelunasan pembayaran
d.
Apabila setelah difollow up masih belum
ada kesepakatan, maka orang tua mahasiswa diundang dalam acara Ma Chung Preview
yang diadakan di Ma Chung untuk memperkenalkan Universitas lebih dalam , dengan
harapan orang tua dan calon mahasiswa berfikir ulang untuk masuk MA Chung
2. Mahasiswa
transfer
a.
Untuk mahasiswa yang ingin transfer dari
perguruan tinggi lain, maka harus memenuhi persyaratan, antara lain :
1.
Jurusan diperguruan tinggi sebelumnya
ber-akrediasi minimal sama dengan akrditasi jurusan yang sama di Universitas Ma
Chung, dengan cara melihat di BAN-PT (http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php)
2.
Sudah memiliki transkrip, atau KHS jika
beru semester 1
3.
mengumpulkan silabus mata kuliah dari
perguruan tinggi sebelumnya
4.
Surat keterangan pernah menjadi
mahasiswa di PT lama dengan tanda tangan pimpinan perguruan tinggi
5.
Formulir pendaftaran
6.
Kuitansi pembelian formulir pendaftaran
7.
Pas foto berwarna ukuran 4x6 (3 lembar)
8.
Fotocopy KTP/Paspor/Identitas diri
9.
Fotocopy Akte Kelahiran
10.
Fotocopy rapor kelas X, XI, XII
(legalisir)
11.
Fotocopy legalisir ijazah dan SKHUN
b.
Jika semua persyaratan sudah lengkap
maka mahasiswa transfer harus melakukan tes tulis potensi akademik untuk
mengetahui kategori DPP
c.
Jika lulus tes tulis, maka transkrip dan
silabus yang telah dikumpulkan dikonsultasikan ke bagian Akademik, apakah ada
kekuarang atau tidak
d.
Jika sudah lengkap bisa langsung
dikonversi dengan menyiapkan lembar konversi nilai yang kemudian dibawa ke
Kaprodi daru jurusan yang dipilih untuk segera dikonversi dan disetarakan mata
kuliah mana yang tidak perlu diulang
e.
Jika proses konversi selesai, maka
mahasiswa transfer langsung diberikan pengumuman dan rincaian biaya sesuai
dengan kategori hasil tes tulisnya
f.
Apabila setuju, mahsiswa transfer
lansung bisa melakukan proses Kesepakatan (SKR) dan ukur jas almamater
g.
Jika proses kesepakatan sudah selesai,
calon mahasiswa bisa langsung membuka rekening di CIMB Niaga (jika sudah
memiliki KTP)
h.
Tetapi jika belum camaba bisa membawa
surat pengumuman yang sudah disahkan oleh WR II
i.
Jika di kota camaba tersebut belum ada
CIMB Niaga, maka bagian Admisi dapat membantu untuk mengirimkan lembar Aplikasi
CIMB Niaga melalui POS ke alamat camaba (dengan syarat camaba mengembalikan ke
Universitas setelah diisi atau diserahkan langsung ke bank CIMB Niaga di cabang
manapun)
j.
Jika mahasiswa transfer di semester
genap, diharuskan proses selesai sebelum bulan februari, sedangkan untuk
transfer di semester ganjil, mengikuti mahasiswa baru seperti biasa. Untuk
proses selanjutnya diserahkan pada bagian Akademik.
4. PROSES PEMBERKASAN, LAPORAN HARIAN,
dan PENDISRIBUSIAN BERKAS
a. Untuk
setiap harinya apabila ada camaba yang mengembalikan formulir atau melakukan
proses kesepakatan, maka Admisi akan melakukan pengarsipan berkas masing-masing
calon mahasiswa dengan menggunakan Sheet Protector
b. Kemudian
berkas di scan untuk pengarsipan dalam bentuk softfile dan disimpan pada
direktori yang sudah disediakan
c. Selain
proses pengisian, Admisi juga harus melaporkan adanya perubahan pendaftar, SKR,
atau pun hasil follow up setiap harinya dalam bentuk laporan harian yang
dikirimkan pada pimpinan, fakultas, kaprodi, dan direktoran terkait
d. Follow
up pembayaran camaba yang sudah melakukan proses kesepakatan tetapi sudah/belum
membayar sesuai dengan kesepakatan dilakukan oleh Dir. PPPK
e. Pendistribusian
lembar tembusan SKR, yaitu :
·
Warna merah muda, untuk Dir.PPPK.
Didistribusikan setiap ada SKR untuk pedoman autodebet
·
Warna kuning untuk masing-masing staf
fakultas. Didistribusikan di akhir periode
·
Warna putih dan juga berkas-berkas mahasiswa
baru yang sudah diterima diserahkan pada Dir.Administrasi Akademik (DAA) dia
akhir periode penerimaan
·
Warna hijau untuk mahasiswa baru
5. MCF dan PERKULIAHAN
a. Ma
Chng Festival merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa baru
Univ.Ma Chung, yang merupakan kegiatan pengembangan diri dan pembentukan pola pikir
dari mahasiswa baru sebelum melakukan perkuliahan
b. Setelah
semua persyaratan sudah diselesaikan, semua mahasiswa baru dan mahasiswa
transfer wajib mengikuti Intensive Cource, Study Skill, Ma Chung Fesival selama
± 2 minggu
c. Setelah
Ma Chung Festival sudah selesai maka perkuliahan dimulai, mahasiswa baru akan
diberikan sesuai paket sks dari masing-masing jurusan. Sedangkan untuk
mahasiswa transfer akan dilakukan penyetaraan nilai dan sks yang telah ditempuh
di Universitas sebelumnya.
No comments:
Post a Comment